Wednesday, September 27, 2006

Beli Bajakan atau yang asli…..????

Minggu sore janjian untuk buka puasa bersama dengan teman-teman. Diperjalanan mampir sebentar ke Toko CD. Saya lagi pingin punya album barunya Opick. Saat melihat saya membawa kantung plastik berisi CD original, teman saya berseloroh,

“ Gileee susah deh yang duitnya lebih dimana-mana, beli CD kudu yang asli yee.” Candanya.

“ Eh gak gitu lagi, gw memang selalu usaha beli yang original.” Jawab saya.

“Alasannya…? Kan mahal Fan” tanya dia lagi.

“ Duh tapi jangan ketawa ma jangan bilang kalo gw idealis ya setelah elu denger alasannya.” Jawab saya.

Kenapa beli yang asli?

Yang terbersit di benak saya adalah, saya takut yang punya karya tidak Ridho ketika karyanya di bajak. Coba angkat tangan yang merasa Ridho ketika karya-nya di bajak dengan seenaknya. Jangankan sebuah lagu atau album yang memiliki nilai ekonomi, sebuah tulisan di blog atau komentar yang dikutip tanpa izin sudah membuat orang-orang berteriak-teriak. Membajak dan plagiat buat saya setali tiga uang. Sama-sama ada pihak yang akan dirugikan.

Buat saya Seni sebagai bagian daya kreatif manusia harusnya dapat dinikmati oleh semua orang. Bajak membajak terjadi ketika seni menjadi barang yang mahal yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu dan seni menjadi sebuah industri yang memiliki nilai komersil. Jadilah membajak menjadi alternatif untuk tetap menikmati seni dengan harga yang murah, walaupun tidak bisa dibenarkan juga.

Sekarang kalau berbicara tentang seni yang didalamnya terkandung syiar Islam, contohnya nasyid. Hmmm kalau si pelaku mengerti bahwa pada saat itu dia bukan cuma sedang berkesenian tetapi juga berdakwah, Insya Allah para pelaku seni ini sepenuhnya ridho dan ikhlas, karyanya menjadi media dakwah dimana cakupan yang semakin luas semakin baik walaupun mungkin belum tentu dengan cara yang baik.

Tetapi tetap tak bisa dipungkiri, ada hak mereka didalam karya mereka. Ada rezeki mereka didalamnya. Kalau kemudian mereka menjadi tidak Ridho bila karya mereka dibajak, nah kan jatuhnya sikap menzalimi orang lain. FYI, Opick memasang label Stop Piracy pada Cdnya. Buat saya akhirnya kembali ke nurani masing-masing. Dalam kasus saya, alhamdulillah ada rezeki lebih dimana memungkinkan buat saya untuk membeli yang asli. Insya Allah saya hanya berusaha untuk tidak menzalimi orang lain. Juga turut berusaha mensupport usaha dan niat baik mereka yang menjadikan talentanya sebagai media dakwah....:)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home